Loading...
17 November 2013

Wah! Candi Ini Dibangun Dengan Sejuta Botol Bir


Wah! Candi Ini Dibangun Dengan Sejuta Botol Bir, - Jika Anda ingin melihat candi dengan wujudnya yang beda dengan candi-candi yang pernah ada. Ada baiknya Anda berkunjung ke sebuah tempat yang berada di Sisaket, Thailand. Pasalnya, di tempat itu berdiri candi unik yang bernama Candi Wat Pa Maha Chedi Kaew. 

Bukan sembarang candi karena candi ini dibangun bukan dari batu melainkan dari botol bir yang sudah tak lagi terpakai.  Ya botol bir, biksu-biksu yang berada di lingkungan candi ini membangun candi dengan botol bir.
Berawal pada tahun 1984, ada sekelompok biksu yang iseng melakukan permainan unik yaitu meletakkan 100 botol bir pada dinding.  Nah, selama tiga dekade berselang, seorang biksu merasa bosan dengan sampah-sampah botol yang mengotori daerah sekitar candi. Kemudian muncullah inisiatif untuk mendesain ulang candi dengan sampah botol yang berserakan. 
Alhasil melihat aksinya tersebut, para biksu lainnya kemudian membantunya mendekor ulang candi.  Para biksu pun  mendorong semua orang di daerahnya untuk membawa botol bir bekas untuk membuat kompleks candi. Secara perlahan para biksu mulai membuat kuil utama, kemudian membangun krematorium, menara air, tempat tidur dan toilet.  Mereka percaya bahwa usaha mereka yang ramah lingkungan ini akan membuka pintu menuju ke nirwana.
Botol-botol tersebut difungsikan untuk membuat dinding, atap, tangga, serta pilar-pilar candi. Tak hanya botolnya saja, tutup botolnya juga digunakan untuk menciptakan mosaik Budha yang unik. Namun untuk menghormati sang Buddha, patungnya tidak dibuat dari botol bir.  Candi sejuta botol  ini didominasi oleh warna hijau dan coklat. Warna hijaunya ini tercipta berkat warna botol bir cap Heineken. Bir tersebut merupakan bir favorit di Thailand.
Hari ini, para biarawan tidak memiliki rencana untuk menghentikan pembangunan candi. Semakin banyak botol yang dibawa kepada mereka, semakin mereka akan membangun struktur lapisan demi lapisan ke Kuil Sejuta Botol.

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP